Cabang Olahraga Teqball Akhirnya Resmi Diakui di Indonesia

KOMPAS.com – Cabang olahraga teqball yang belakangan ini mulai populer akhirnya diakui di Indonesia. Induk organisasinya pun resmi dibentuk. Teqball resmi diakui di Indonesia dengan terbentuknya Pengurus Pusat Indonesia Teqball ( PP InaTeq). PP InaTeq dibentuk lantaran olahraga kaum milenial ini bakal resmi dipertandingkan pada ajang Asian Beach Games China 2020 dan Olimpiade Paris 2024.

Olahraga teqball yang berasal dari Hungaria mulai digemari generasi muda. Permainannya merupakan kombinasi antara sepak bola dan tenis meja. Bedanya, jika di tenis meja atau ping-pong menggunakan meja datar, teqball menggunakan meja melengkung. Selain itu, teqball menggunakan bola seukuran bola sepak, serta cara memainkannya harus menggunakan kaki dan kepala. Olahraga ini merupakan olahraga permainan yang mengedepankan kemampuan olah bola, konsentrasi, dan akurasi. Sejumlah bintang sepak bola dunia, termasuk Ronaldinho, ikut mempromosikan teqball dengan unjuk kemampuan dalam berbagai kegiatan.

Peresmian PP InaTeq sendiri dilakukan di Pintu VI Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (8/3/2020) lalu. PP InaTeq menunjuk Hellen Sarita de Lima sebagai ketua umum perdana.

“Olahraga teqball sudah menjadi member Dewan Olimpiade Asia (OCA) dan akan resmi dipertandingkan pada Asian Beach Games China November 2020 dan Olimpiade Paris, Perancis 2024 sebagai cabang eksebisi,” kata Helen.

“Makanya, kami akan bekerja keras mengembangkan olahraga teqball di seluruh Indonesia sehingga bisa menjaring atlet-atlet berkualitas yang akan diterjunkan di kedua multievent itu.

” PP InaTeq sudah membentuk 11 Pengurus Provinsi (pengprov) dan menjalankan berbagai program.

Program awalnya yaitu kursus wasit yang diikuti 20 peserta, terdiri dari pelajar berusia di bawah 16 tahun dan beberapa pengurus PP InaTeq.

Kursus yang berlangsung di Jakarta pada 1-3 November 2019 itu melibatkan tiga instruktur dari FITEQ. “Selain kursus referee, PP InaTeq juga telah melakukan sosialisasi di beberapa sekolah yang berada di wilayah DKI Jakarta,” kata Helen.

“Ke depannya, kami akan melakukan kursus referee dan sosialisasi melalui Pengprov InaTeq yang akan dibentuk di berbagai daerah. Apalagi, kami sudah mengagendakan kejuaraan nasional National Challenger Cup tahun 2020.”

Kementerian Pemuda dan Olahraga ( Kemenpora) menyambut baik kehadiran olahraga teqball di Indonesia. Bahkan, Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Chandra Bhakti, mendorong Pengurus Pusat Indonesia Teqball (PP InaTeq) untuk segera menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan National Olympic Committee (NOC) Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Teqball is a new sport equipment and a new sport based on football.

Copyright @ 2020 Teqball Indonesia | Supported by Dokter Website